Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Aceh Barat hingga Senin malam menyalurkan bantuan untuk membangun kembali 36 rumah warga yang rusak akibat terjangan puting beliung di sejumlah desa di Kecamatan Sungai Mas pada Minggu (18/8).

Bantuan yang sudah disalurkan tersebut, masing-masing seng sebanyak 400 lembar, tripleks 350 lembar, 25 kaleng cat, paku seng, 42 lembar matras, delapan kardus paku tripleks, 17 paket keluarga dan anak-anak (family kid), minyak goreng kemasan dua kardus, dua tenda regu, serta satu tenda keluarga.

Baca juga: PLN atasi kerusakan jaringan listik di Aceh Barat akibat puting beliung

"Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini, sehingga masyarakat diharapkan dapat segera membangun kembali rumah mereka yang rusak paskabencana angin puting beliung," kata Sekretaris Camat Sungai Mas Erdi Adnan kepada ANTARA, Senin jelang tengah malam.

Bantuan  itu diharapkan segera disalurkan kepada masyarakat, mengingat kerusakan yang ditimbulkan dari bencana alam tersebut tergolong parah dan menyebabkan rumah warga kehilangan atap serta rusak parah.

Baca juga: Korban puting beliung di pedalaman Aceh Barat masih trauma

Edi menjelaskan sebaran rumah warga yang rusak akibat musibah tersebut, masing-masing di lima desa di antaranya Desa Sarah Perlak 17 rumah, Desa Tutut tiga rumah, Desa Lancong empat rumah, Desa Geudong 11 rumah, serta Desa Tungkop satu rumah.

Meski harus kehilangan tempat tinggal, 133 jiwa atau 33 keluarga di daerah itu tidak harus mengungsi ke kawasan tertentu, dan cukup mengungsi ke rumah tetangga atau anggota keluarga yang lain di desa mereka.

Baca juga: Pemerintah Aceh akan bantu korban angin puting beliung di Aceh Barat

Sebagian korban juga mengungsi sementara di bangunan milik pemerintah yang belum ditempati, sehingga warga tidak harus tidur di dalam tenda darurat, kata Erdi Adnan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019