PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Meulaboh hingga Senin malam berhasil mengatasi kerusakan jaringan listrik akibat puting beliung yang melanda lima desa di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat pada Minggu (18/8).

"Alhamdulillah, hingga Senin malam, petugas sudah berhasil memperbaiki jaringan utama listrik akibat musibah angin puting beliung di pedalaman Aceh Barat," kata Manager PT PLN (Persero) UP3 Meulaboh, Ediwan kepada ANTARA di Meulaboh, Senin.

Baca juga: Korban puting beliung di pedalaman Aceh Barat masih trauma

Dia menjelaskan perbaikan jaringan listrik di sepanjang lokasi kejadian membutuhkan waktu yang lama, karena penyebab terputusnya aliran listrik di kawasan pedalaman tersebut banyaknya pepohonan yang tumbang dan ikut merusak jaringan dan mematahkan tiang listrik.

Petugas juga ikut mengganti tiang yang patah di atas badan jalan sehingga pemasangan jaringan utama berhasil ditangani dalam waktu satu hari penuh.

Baca juga: Pemerintah Aceh akan bantu korban angin puting beliung di Aceh Barat

Untuk sambungan ke rumah warga, pihaknya menargetkan pasokan listrik kepada pelanggan akan normal pada Selasa (20/2) karena petugas harus memastikan keamanan jaringan.

"Kita berharap suplai jaringan listrik ke masyarakat yang terputus jaringan sejak Minggu (18/8) lalu, akan rampung paling cepat pada Selasa (20/8) besok," katanya.

Baca juga: Rumah rusak diterjang puting beliung jadi 97 unit di Aceh Timur

Pihaknya mengakui perbaikan jaringan listrik di lokasi bencana, khususnya di kawasan pedalaman Kecamatan Sungai Mas, yang terdampak bencana akan tetapi diprioritaskan sehingga masyarakat di daerah tersebut segera menikmati pelayanan listrik dari PLN.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019