Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, kondisi Papua sedang ditangani, serta mengharapkan situasi kembali normal pascaterjadinya gejolak dari masyarakat Papua beberapa waktu lalu.

"Papua sedang ditangani, press release keterangan sudah dikeluarkan oleh Kodam XVII/Cenderawasih, Papua, merekalah yang lebih tahu situasinya," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: Jayapura mencekam, aktifitas masyarakat lumpuh

Pernyataan itu diutarakan Andika usai memberi pengarahan kepada prajurit TNI dan PNS serta keluarga besar Kodam Iskandar Muda, di gedung Indoor Jasdam Iskandar Muda, Banda Aceh.

Andika menyebutkan pascaterjadinya gejolak dari sejumlah masyarakat di Papua tersebut diharapkan kondisi Papau kembali normal, serta aktivitas masyarakat kembali lancar.

Baca juga: Papua memanas, pendemo bakar kantor Majelis Rakyat

"Tapi yang jelas kita berharap semuanya akan kembali normal ya," kata Andika.

Seperti diketahui hingga saat ini masyarakat Papua melakukan demonstrasi di beberapa titik. Demo besar-besaran tersebut merupakan imbas dari aksi rasisme di Surabaya dan Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan perdana ke Aceh tersebut, Jenderal  juga menyempatkan diri untuk menyambangi situs-situs bencana gempa dan tsunami Aceh pada 2004 silam. Dua situs tersebut, yakni Museum Tsunami Aceh dan Kapal Apung PLTD milik PLN yang ketika kejadian terbawa air laut ke tengah pemukiman warga.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019