Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Organisasi Generasi Baru Indonesia (Gambi) IAIN, Modal Bangsa Arun (Mosa), Pemuda Peduli Sejarah (Pelisa) dan aktivis pemerhati sejarah Islam, menggelar aksi pemugaran makam bersejarah Teungku Di Lhokseumawe, Minggu.

Pemugaran makam bersejarah tersebut merupakan bukti menanam nilai-nilai sejarah lokal kepada generasi mendatang, sehingga sejarah lahirnya Kota Lhokseumawe dapat dikenang.

Salah seorang tokoh pemuda dan juga Anggota DPRK Lhokseumawe, Azhari T Ahmadi kepada Antara mengatakan kegiatan tersebut menjadi bagian dari perhatian pemuda untuk mengingat sejarah Kerajaan Samudra Pasai.

"Teungku Di Lhokseumawe atau dengan nama aslinya Teungku Ahmad diperkirakan hidup dan menjadi syuhada dalam perang kaum muslimin pada abad ke-19 saat masih berdirinya Kesultanan Aceh," terangnya.

Teungku Di Lhokseumawe juga dianggap sebagai ulama yang membangun pusat Kota Lhokseumawe. Makam Teungku Di Lhokseumawe berada persis di tepian sungai Cunda yang berlokasi di Desa Banda Masen, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

"Nama Teungku Di Lhokseumawe saat ini ditambalkan sebagai nama Kota Lhokseumawe, itu merupakan suatu penganugerahan untuk mengenang beliau," ungkap Azhari.

Pada masanya, kawasan ini juga dijadikan sebagai kota pelabuhan dan pelayaran para Muslim Kerajaan Samudra Pasai pada abad ke-13 dan 14 Masehi.

Oleh karena itu, pemuda Kota Lhokseumawe berinisiatif untuk melakukan pemugaran makam sejarah tersebut karena mengingat kurangnya perhatian masyarakat terhadap sejarah para syuhada yang sudah menyumbangkan pikiran dan ilmunya untuk berdirinya Kota Lhokseumawe.

"Mari bersinergi membangun kota kita dalam beredukasi pada sejarah yang sudah membangun Kota Lhokseumawe yang lebih bermartabat," katanya.

Azhari mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kedepannya harus terus menggali ilmu tentang sejarah-sejarah, karena hal tersebut sangatlah penting agar generasi tidak lupa akan sejarah.

Selain pemuda, kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat Desa Banda Masen dan juga pihak Dinas Sosial Kota Lhokseumawe.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019