Pemerintah Kota Sabang menyambut baik pagelaran Aceh Internasional Diving Festival dan Championship yang akan berlangsung di kota tersebut, dalam upaya mempromosikan kekayaan alam bawah laut pulau terluar paling barat Indonesia ini.

"Kami sangat menyambut baik setiap kegiatan yang dilaksanakan di Sabang, apalagi kegiatan internasional diving ini, karena berhubungan langsung dengan Sabang sebagai wisata bahari," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Sabang, Faisal kepada Antara, Selasa.

Baca juga: Aceh International Diving Festival and Championship akan digelar

Dia menjelaskan, dengan adanya kegiatan-kegiatan bahari tersebut maka sangat membantu dalam memperkenalkan kekayaan alam bawah laut yang dimiliki Pulau Weh ini, apalagi salah satu kegiatannya yakni fotografi bawah laut (underwater photography).

"Tentu tujuan utama diadakan event-event seperti ini di tempat kita agar berdampak baik bagi perekonomian masyarakat. Kita akan kerjasama dengan panitia pelaksana yang ditunjuk Dinas Pariwisata Aceh," katanya.

Baca juga: Pembangunan bandara Internasional Sabang tahap studi kelayakan

Seperti diketahui, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Aceh International Diving Festival and Championship 2019 di Sabang, yang berlangsung mulai 6-7 Oktober mendatang di kawasan wisata pantai Gapang.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan tujuan festival tersebut untuk membantu Pemerintah Aceh dalam mengembangkan wisata bahari di Sabang.

"Melalui festival ini kita dapat mempromosikan potensi wisata bawah laut dan mewujudkan Sabang sebagai wisata bahari unggulan nasional," katanya.

Selain itu, kata dia, pada 2017 Indonesia juga dianugrahi penghargaan dari British Dive Magazinedi dalam acara World Travel Market London sebagai Best Dive Destination.

Maka dalam upaya re-branding pariwisata, Pemerintah Aceh berupaya menjadikan Sabang sebagai destinasi selam unggulan di Aceh bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.

"Sebagai salah satu event wisata yang berhasil masuk dalam Calendar of Event Wonderful Indonesia 2019, Aceh International Diving Festival and Championship 2019 diharapkan akan berlangsung sukses dan menjadi media efektif memperkenalkan Sabang sebagai destinasi wisata bahari unggulan Indonesia," katanya.

Pewarta: Khalis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019