Personel Polri di jajaran Polda Aceh yang bertugas mengawal demonstrasi membangun keakraban dan silaturahmi dengan mahasiswa yang berunjuk rasa di DPR Aceh beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono di Banda Aceh, Jumat mengatakan, keakraban ini membangun citra positif, sehingga unjuk mahasiswa berlangsung damai dan kondusif.

Baca juga: DPRA apresiasi mahasiswa demo tiga hari berturut dengan damai

"Dan ini diperlihatkan pada unjuk rasa ribuan mahasiswa dan pelajar di DPR Aceh, Kamis (26/9). Keakraban personel Polri dengan mahasiswa membawa hal positif," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh itu menyebutkan, kehadiran personel Polri dalam unjuk rasa di samping melaksanakan tugas pengamanan, juga merangkul peserta aksi agar taat peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Demo mahasiswa, ruang sidang utama DPRA diduduki

"Seperti pada unjuk rasa di DPR Aceh kemarin, personel Polri tampil sebagai sosok humanis dan bermitra dengan mahasiswa, sehingga akhirnya  unjuk rasa berlangsung tertib dan damai," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Sebelumnya, ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Aceh menggelar unjuk rasa di DPR Aceh. Mahasiswa menuntut lembaga dewan tersebut memperjuangkan aspirasi mereka ke DPR RI.

Baca juga: Wakil Ketua DPRK Aceh Barat bayari jajanan untuk mahasiswa saat istirahat demo

Dalam aksi tersebut, massa mahasiswa mengusung sejumlah tuntutan di antaranya minta Presiden RI mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) pembatalan UU KPK.

Kemudian, menolak segala bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi, meminta pemerintah pusat menghentikan kriminalitas aktivis hak asasi manusia, rasisme di Papua serta menghentikan militerisme.

Unjuk rasa ribuan mahasiswa berlangsung kondusif. Sejumlah mahasiswa bermalam di gedung wakil rakyat tersebut. Agenda sidang paripurna DPR Aceh dibatalkan karena aksi ribuan mahasiswa tersebut.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019