Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mengajak kalangan millenial khususnya para siswa-siswi, untuk membudayakan membaca buku sebagai referensi dan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

"Masyarakat bisa cerdas karena selalu belajar dan gemar membaca, ini yang harus kita budayakan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya TR Johari di Suka Makmue, Jumat.

Menurutnya, cara belajar paling efektif dan mudah adalah dengan membaca karena hal itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk membaca.

Dengan menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat dan generasi muda, maka akan diperoleh sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman.

"Dengan banyak membaca dan terbiasa membaca, akan menjadikan hal ini sebagai suatu kebutuhan," kata TR Johari menambahkan.

Ia juga berpendapat, pengetahuan dapat diperoleh melalui pendidikan formal dan nonformal dan salah satu caranya melalui perpustakaan.

Pemerintah daerah juga berharap kepada kalangan praktisi, guru dan akademisi di Nagan Raya agar mempromosikan literasi untuk menumbuhkembangkan minat baca pada masyarakat.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019