Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, segera menyalurkan bantuan sebanyak 4.000 bibit unggas berupa ayam dan itik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di perdesaan.

"Jumlah penerima ribuan bibit ayam ini mencapai 22 kelompok penerima tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Barat," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Said Mahjali di Meulaboh, Selasa.

Para calon penerima bantuan bibit unggas tersebut sudah lolos verifikasi sebagai penerima manfaat, setelah dilakukan verifikasi faktual terhadap usulan yang sudah diterima oleh pemerintah daerah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berharap bibit ayam dan itik yang akan disalurkan kepada masyarakat tersebut bisa berkembang dengan baik, serta mampu menghasilkan bibit unggas dalam jumlah besar.

Selain itu, bantuan tersebut juga diharapkan menjadi sumber pendapatan masyarakat di pedesaan agar mampu meningkatkan perekonomian, serta menciptakan lapangan kerja baru.

"Program bantuan bibit itik dan ayam ini adalah bentuk perhatian Pemkab Aceh Barat kepada masyarakat, agar mampu memberikan kesejahteraan bagi petani maupun peternak," kata Said Mahjali menambahkan.

Selain membantu bibit unggas, Pemkab Aceh Barat pada tahun 2019 ini juga sudah menyalurkan bantuan 20 ekor bibit sapi dan 20 ekor bibit kerbau kepada kelompok tani yang tersebar di Desa Leubok Pasi Ara, Kecamatan Woyla Barat dan di Desa Tuwi Saya, Kecamatan Sungai Mas, kabupaten setempat.

Bantuan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan daging di masyarakat sekaligus pengembangan bibit sapi lokal Aceh maupun kerbau di daerah itu, katanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019