Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP Unsyiah) membuka pendaftaran mahasiswa untuk Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Mandiri Tahun Ajaran 2019/2020.

"Unsyiah ditunjuk menjadi salah satu universitas yang dipercaya menyelenggarakan PPG Mandiri. Program ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di beberapa universitas di Indonesia," kata Ketua PPG FKIP Unsyiah, Samingan di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: Pangdam Iskandar Muda lulus cum laude di Unsyiah

Ia menjelaskan PPG Mandiri FKIP Unsyiah terdiri atas bidang studi Penjaskes, PPKN, dan Sejarah, sedangkan calon mahasiswa dari bidang studi lain tetap diizinkan untuk mengikuti seleksi di Unsyiah dengan memilih lokasi PPG di universitas lain.

Ia mengatakan Program PPG Mandiri dilaksanakan selama dua semester dengan biaya pendidikan Rp8,5 juta per semester. Biaya pendidikan tersebut sepenuhnya ditanggung mahasiswa.

"Bagi yang tertarik, proses pendaftaran dapat dilakukan secara 'online' melalui lamanÿhttp://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id/," katanya.

Baca juga: Penyelam ODC Unsyiah lakukan monitoring di perairan Aceh

Beberapa syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa PPG Mandiri, yaitu lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi dan program studi dengan akreditasi minimal B, usia pelamar maksimal 30 tahun terhitung sampai dengan 31 Desember tahun pendaftaran.

Selain itu, bidang studi Program PPG yang dipilih harus linear dengan kelulusan ijazah S1/D4 dan terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Pendaftaran dan pembukaan seleksi administrasi Program PPG telah dimulai sejak awal November.

Baca juga: 16 perusahaan buka lowongan di bursa kerja Unsyiah

Samingan menambahkan pendaftaran akan ditutup pada 11 November dan pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 13 November 2019.

"Bagi mereka yang lulus administrasi, diwajibkan mengikuti seleksi akademik, bakat/minat, kepribadian, dan panggilan jiwa," katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019