Sebanyak 600 peserta ikut meramaikan even Tour De Gayo di Kabupaten Aceh Tengah yang berlangsung 9-10 November 2019.

Koordinator Lapangan Tour De Gayo Hamdan Saleh mengatakan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari berbagai daerah, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Jakarta, dan beberapa peserta mancanegara.

"Jumlah peserta untuk road bike saja sekitar 200 orang. Dan ada peserta dari luar negeri Malaysia dan Thailand. Kalau keseluruhannya jumlah peserta sekitar 600 orang," kata Hamdan Saleh, Minggu.

Khusus untuk para peserta road bike kata dia memulai start dari Pendopo Bupati Bireuen pada Sabtu pagi dan tiba di Aceh Tengah Sabtu siang.

"Road Bike Aceh start di Pendopo Bupati Bireuen tepat pukul 07.00 WIB dilepas oleh Bupati Bireuen dan tiba di Pendopo Bupati Aceh Tengah pukul 14.00 WIB," tuturnya.

Sementara untuk rangkaian kegiatan Tour De Gayo di Aceh Tengah kata Hamdan diantaranya adalah road bike mengelilingi Danau Lut Tawar, mountain bike, dan lari maraton.

"Untuk mountain bike rutenya mulai dari Kampung Bale, Asir-Asir, sampai Pedemun. Lari maraton keliling kota Takengon," ujarnya.

Para peserta Tour De Gayo juga menggelar camping bersama dengan mendirikan ratusan tenda di Lapangan Kantor Bupati Aceh Tengah selama kegiatan tersebut berlangsung.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh sebagai ajang untuk lebih memperkenalkan Aceh ke dunia luar.

"Tour De Gayo 2019 ini tujuannya adalah untuk mengenalkan, mempromosikan potensi wisata yang ada di Aceh Tengah umumnya di Aceh. Kita ingin menyampaikan ke dunia luar bahwa Aceh itu aman," tutur Hamdan.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019