Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melakukan penanaman 10.000 pohon berbuah secara serentak di depan kantor, sekolah dan fasilitas kesehatan.

"Selain di dalam perkarangan sekolah, kita mengajak seluruh kepala sekolah dan guru jenjang TK/PAUD, SD dan SMP untuk melakukan penanaman pohon di depan rumah masing-masing,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri di sela-sela penanaman pohon di SMPN 1 Darul Aman, Senin (18/11).

Baca juga: Lakukan penghijauan, Kodim 0114 Aceh Jaya kembali tanam ratusan pohon

Menurutnya, penghijauan tersebut juga bagian dari implementasi nilai-nilai kehijauan di sekolah dalam menjaga lingkungan yang diwujudkan melalui bhakti sosial.

Melalui penanaman pohon tersebut juga menunjukkan sinergisitas antara pihak dinas dan sekolah dengan segenap komponen masyarakat di Aceh Timur baik unsur agama ataupun komite sekolah.

Baca juga: Pemko Langsa Ajak Warga Cegah Pemenasan Global Senantiasa Tanam Pohon

Begitu juga dengan sekolah lain, Saiful Basri meminta agar pohon yang sudah ditanam untuk dijaga dan disiram, sehingga kelestarian alam terjaga dan terlindungi.

Baca juga: TNI dan Polri Aceh Jaya tanam 3.150 pohon untuk penghijauan

“Pohon adalah penyumbangan air, jika pohon tidak ada maka air juga bakal hilang, oleh karena itu jaga kelestarikan pohon yang sudah ditanam,” kata Saiful.

Program pemerintah setempat dianggap sangat positif untuk menggalakkan Aceh Timur hijau.

Bahkan kini pihaknya telah meminta para kepala sekolah (Kepsek) di Aceh Timur untuk melakukan penanaman pohon setiap adanya hari-hari besar dalam dunia pendidikan, seperti Hari Pendidikan Nasioanal (Hardiknas), Hari Guru Nasioanal (HGN) ataupun hari pendidikan daerah (Hardikda).

Pohon yang ditanam sebagaimana program Pemkab Aceh Timur, merupakan jenis pohon berbuah seperti mangga, jambu, dan rambutan.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019