Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan PT Taspen Lhokseumawe guna memudahkan aparatur sipil negara (ASN) dalam pengurusan berkas pensiun.

Shabela di Takengon, Kamis mengatakan pemerintah melalui BKPSDM harus dapat memberikan pelayanan dan kemudahan bagi para ASN yang akan memasuki masa pensiun, agar mereka tidak disibukkan dengan pengurusan berkas di masa purna tugasnya.

Baca juga: Aceh Tengah dapat kuota 2.750 sertifikat gratis tahun 2020

"Sehingga nanti para ASN tidak perlu jauh-jauh ke Lhokseumawe untuk mengurus berkas," kata Shabela Abubakar dalam acara Pembekalan Ketaspenan Peserta Pra Pensiun di Aula KPPN Takengon.

Shabela menyampaikan pembekalan dan sosialisasi ketaspenan bagi peserta pra pensiun dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya diharap akan dapat membantu para ASN dalam merencanakan dan mempersiapkan masa pensiun mereka dengan baik.

Baca juga: Dekranasda Aceh Tengah raih empatkategori juara

Menurutnya walaupun para pensiunan masih akan mendapatkan jaminan gaji, jaminan kecelakaan, dan jaminan kematian, haruslah tetap mempersiapkan diri untuk memiliki usaha di bidang lainnya.

"Baik perdagangan maupun perkebunan kopi. Itu contoh peluang investasi di masa pensiun. Karena banyak ASN yang tidak siap menghadapi masa pensiun," tutur Shabela.

Shabela berharap pengabdian para ASN tidak lantas berkahir setelah pensiun.

Dia mengatakan para pensiunan masih tetap dapat berperan membantu pemerintah dalam membangun daerah melalui pengabdian di bidang lainnya.

"Untuk itu kegiatan pembekalan pada hari ini akan membantu saudara-saudara dalam merencanakan dan mempersiapkan masa pensiun dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019