Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengajak seluruh mahasiswa di daerah itu agar bangga dengan dengan status Aceh sebagai satu-satunya daerah di nusantara yang menerapkan Syariat Islam dalam seluruh sendi kehidupannya.

"Kita harus bangga dengan ini, mari kita terus berbuat yang terbaik dan menjadikan Aceh sebagai benteng terakhir umat Islam di nusantara,” kata Nova di Aula Cut Mutia, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Senin.

Menurutnya, Syariat Islam adalah kebanggaan masyarakat dan generasi muda Aceh. 

Di Indonesia, hanya Aceh yang berani menasbihkan diri sebagai daerah yang menerapkan Syariat Islam secara kaffah.

penerapan syariat Islam yang selama ini sudah berlaku di Aceh.

Dalam pemaparannya, ia juga mengajak seluruh generasi muda Aceh untuk berbangga dengan status Aceh sebagai satu-satunya daerah di nusantara yang menerapkan Syariat Islam dalam seluruh sendi kehidupannya.

Ia menuturkan, penguatan kearifan lokal yang kental dengan nilai keislaman dan membangun sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan tantangan yang harus segera diformulasikan oleh insan kampus untuk menjadi sebuah rumusan pendidikan di Aceh, yang bertujuan untuk membangun sumberdaya manusia unggul dan Islami. 

Karena generasi mendatang akan berhadapan dengan era Revolusi Industri 4.0 atau revolusi industri tahapan keempat.

“Inilah tugas perguruan tinggi untuk memformulasikan metode dan langkah-langkahnya, dan kami pemerintah siap membicarakan dan menjalankan semua masukan dari kampus. Untuk mewujudkan ini semua, maka forum keilmuan seperti ini harus sering dilakukan, sehingga silaturahmi dan kekompakan terus terjaga dan diskursus yang berkaitan dengan cita-cita pembangunan Aceh terus dibicarakan dan dibahas di tingkat kampus,” imbuh Nova.

Nova juga menegaskan, tidak boleh ada konflik dan friksi antara gubernur dengan rektor. Semua harus saling bahu membahu demi mewujudkan pembangunan sumberdaya manusia yang unggul. 

"Saya tidak melihat koridor lain bagi pembangunan SDM, selain kampus. Oleh karena itu, mari bergandengan tangan mewujudkan pembangunan SDM Aceh yang unggul dan berdaya saing global,” tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019