Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengajak kepada seluruh masyarakat di Provinsi Aceh agar memperbanyak doa, zikir dan shalat gerhana agar fenomena alam gerhana matahari yang terjadi pada momentum peringatan 15 tahun gempa dan tsunami Aceh, tidak mendatangkan musibah atau malapetaka ke daerah ini.

"Shalat gerhana merupakan khusus yang jarang terjadi dan dilakukan. Kita memohon kepada Allah SWT agar bencana tidak menimpa rakyat Aceh Barat, Provinsi Aceh maupun Indonesia," kata Ramli MS usai mengikuti shalat gerhana di kawasan Suak Geudeubang, Samatiga, Aceh Barat, Kamis.

Baca juga: Masyarakat Simeuleu tunaikan shalat gerhana matahari

Menurutnya, sesuatu yang dapat mengubah ketentuan Allah SWT hanyalah dengan memanjatkan doa, sehingga semua umat muslim dan rakyat Indonesia dapat selalu berada dalam lindungan sang pencipta.

Baca juga: Gerhana matahari cincin terlihat sempurna di Simeulue

Ramli MS juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Aceh agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu yang tidak benar terkait fenomena gerhana matahari yang terjadi pada Kamis siang.

"Sebelum ada pengumuman langsung dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, masyarakat agar tidak mempercayai isu atau informasi apa pun yang tidak jelas dan tidak akurat sumbernya," kata Ramli MS menambahkan.

Ia juga menegaskan, kewaspadaan terhadap bencana perlu ditingkatkan oleh masyarakat dan bukan suatu hal untuk ditakuti atau pun dikhawatirkan.

"Sebaiknya kita memang harus sigap dan waspada terhadap ancaman bencana yang bisa saja terjadi tanpa diduga, sehingga korban jiwa di masyarakat dapat terhindar dan diminimalisir," tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019