Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memiliki tiga aspek yang paling dibutuhkan dewasa ini, yakni disiplin, loyalitas dan berdedikasi yang tinggi kepada seorang pimpinannya.

"Seorang PNS harus datang tepat waktu, dan melayani tepat waktu juga. Dengan disiplin, maka tak akan ada pekerjaan menumpuk. Bisa lebih banyak waktu untuk menjalankan tugas melayani masyarakat," ujar Aminullah di Banda Aceh, Jumat.

Hal ini disampaikan Aminullah dihadapan 160 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh golongan III angkatan I, II, III, dan IV ketika menjadi pemateri di pelatihan dasar digelar di Kompleks Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Gampong (Desa) Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh.

Ia mengatakan, kedisiplinan menjadi modal utama bagi seorang abdi negara dalam menjalankan tugasnya, dan suatu kesuksesan tidak akan pernah dicapai tanpa memengang kedisiplinan yang tinggi.

Lalu syarat lain yang harus dimiliki seorang PNS adalah loyalitas, yakni dengan bekerja sesuai aturan dan etika sudah ditetapkan dalam beberapa tahun terakhir.

"Loyalitas penting juga, loyal pada pekerjaan dan loyal kepada pimpinan," tambah mantan direktur utama Bank Aceh ini yang didampingi Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh, Tarmizi Yahya dan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banda Aceh, Nurhasanah.

Ia menyebut, syarat terakhir seorang PNS harus memiliki dedikasi yang tinggi dengan mengorbankan segala kepentingan pribadi demi kepentingan masyarakat banyak.

Tentunya selain harus memiliki ketiga aspek ini, lanjut dia, seorang PNS juga harus mampu dalam menjalankan tugas dan fungsi secara profesional.

"Selain itu juga harus terus mengupdate (memperbaharui) kemampuannya. Sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, seorang PNS harus memiliki pengetahuan yang luas, dan terus diupdate untuk pengembangan diri. Ketika ada yang kurang dipahami, jangan segan tanyakan kepada atasan," kata wali kota di pelatihan ini diselenggarakan BKPSDM Banda Aceh dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Aceh.

Pemko Banda Aceh dewasa ini terus berupaya mendorong kualitas SDM yang dimiliki untuk mampu, agar setiap program pembangunan berjalan sesuai harapan demi mewujudkan visi menjadikan Banda Aceh gemilang dalam bingkai syariat, terang Aminullah.

Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Bahagia saat membuka pelatihan menyebut, kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa Pemko Banda Aceh terus meningkatkan wawasan, profesionalisme, dan aparatur sipil negara.

"Pemko terus meingkatkan wawasan, profesionalisme, dan kompetensi aparatur untuk menempatkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik dalam menyelenggarakan tugas sehari-hari," katanya.

Sekretaris BKPSDM Banda Aceh, Nurhasanah melaporkan pelatihan dasar ini diikuti total 160 orang terdiri dari angkatan I sebanyak 40 orang, angkatan II 40 orang, angkatan III 40 orang, dan angkatan IV juga 40 orang.

Ia mengaku, ke-160 orang CPNS ini berasal dari sembilan satuan kerja perangkat kota yang mengikuti 511 jam pelajaran dengan tujuan menciptakan PNS profesional, dan mampu memenuhi standar kompetensi jabatan, sehingga bisa melaksanakan tugas secara efektif dan efisien dengan dilandasi kepribadian dan etik PNS.

"Tujuan akhirnya lainnya, menciptakan PNS yang mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih di tengah memasuki era revolusi industri 4.0," terang Nurhasanah.
 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020