Direktur Regional Sumatera PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto menyatakan Provinsi Aceh merupakan provinsi pertama di pulau Sumatera yang desanya telah teraliri listrik 100 persen, seiring teralisasinya pemasangan listrik di Desa Suka Makmur Kabupaten Aceh Singkil..

"Capaian ini merupakan bagian dari komitmen PT PLN untuk memberikan pelayanan kepada masyarkat dan juga dukungan dari semua pemangku kepentingan yang ada di Aceh," katanya di Seramoe T Umar PT PLN UIW Aceh, Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela peresmian 100 persen desa berlistrik di Aceh bersama video conference dari PLN UIW Aceh dengan PLN ULP Singkil yang dilakukan langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Ia menyebutkan PT PLN Unit Induk Wilayah Aceh telah menyelesaikan pembangunan listrik desa sebanyak 6.497 desa yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh pada tahun 2019.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung PLN dalam mencapai listrik desa 100 persen di provinsi ini," katanya.

Ia mengatakan PT PLN siap menyediakan energi listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk masyarakat dan kalangan dunia usaha yang ada di Aceh termasuk kepada usaha-usaha yang akan dijalankan oleh para investor.

"Kami berharap Pemerintah Aceh untuk dapat terus mengundang investor berinvestasi di Aceh dan PLN siap untuk menyiapkan ketersediaan energi listrik kepada sektor-sektor yang akan diinvestasikan," katanya.

General Manager PT PLN UIW Aceh, Jefri Rosiadi juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, kabupaten/kota dan semua pemangku kepentingan yang telah mendukung program yang telah dijalankan oleh pihaknya sepanjang tahun 2019.

"Alhamdulillah elektrifikasi listrik desa telah mencapai 100 persen dan pada tahun 2020 kita akan masuk lebih dalam lagi yakni masuk sampai ke dusun-dusun," katanya.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan elektrifikasi desa 100 persen yang pertama tingkat provinsi untuk pulau Sumatera merupakan sebuah prestasi membanggakan.

"Saya berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat kita semakin bergairah dan saya tetap mengimbau kepada masyarakat Aceh agar senantiasa hemat energi listrik,"katanya.

Pemerintah Aceh siap memberikan dukungan kepada PT PLN Aceh dalam meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana yang ada dalam menunjang ketersediaan energi listrik di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Dalam kegiatan peresmian 100 persen desa teraliri listrik turut dihadiri pejabat di lingkungan PT PLN UIW Aceh, pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh dan pejabat di Kabupaten Aceh Singkil dan Simeulue.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020