Sebanyak 505 peserta dari berbagai Gugus Depan (Gudep) Jenjang SMP/MTs se-Kabupaten Aceh Timur mengikuti Kompetisi Penggalang dan Pesta Siaga yang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Timur, 24-28 Januari.

Kegiatan rutin tahunan itu dipusatkan di Bumi Perkemahan Pusat Pemerintah Kabupaten Aceh Timur di Idi.

"Melalui kegiatan ini kita berharap agar para pelajar SMP/MTs mampu mandiri, aktif, kreatif, inovatif dan berkarakter," kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Timur, Saiful Basri, melalui Wakil Ketua Wakil Ketua Bidang Bina Muda Agussalim usai menjadi Pembina Apel Kompetisi Penggalang dan Pesta Siaga Tingkat Gudep Tahun 2020 di Idi, Sabtu (25/1).

Disisi lain, lanjut Kabid Pembinaan SD itu, kompetisi tersebut juga bertujuan untuk melatih generasi bangsa agar tampil lebih disiplin, kuat dan cerdas. Melalui perlombaan tersebut nantinya tentu akan lahir pelajar yang tampil dalam membuat berbagai ketrampilan, tetapi mampu dan berani tampil didepan dan dalam tentu sebagai pembina diharapkan generasi pramuka siap menghadapi tantangan teknologi dunia.

"Perlu diketahui bahwa tahun 2019 dan 2020 merupakan tahun kebangkitan pramuka di Aceh Timur, apalagi Tunas Ramadhan se-Aceh akan dipusatkan di Aceh Timur. Muda-mudahan nantinya kita bukan sekedar mampu menyukseskan kegiatan tapi harus lebih tampil dalam aneka perlombaan nantinya," ujar Agussalim.

Ketua Bidang Lomba Pesta Siaga, Poutra menyebutkan selama lima hari kedepan pihaknya memperlombakan antara lain pionering (pembuatan tali temali dan pembuatan tower), lomba jelajah, peta pita, masak rimba, kerapian tenda dan pentas seni serta beberapa cabang dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).

"Seluruh perlombaan, dewan juri akan diumumkan pemenangnya sekaligus memberikan tropi dalam sesi penutupan di lapangan yang sama," ujar Poutra seraya berharap kakak pembina untuk terus mengawasi dan menjaga kesehatan peserta selama berlangsung kegiatan perkemahan, baik siang atau malam hari.
Para anggota pramuka disela-sela membangun kemah. ANTARA/Hayaturrahmah

 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020