Ratusan siswa sekolah dan madrasah ikut Competition of Religion, Art, Science and education (CLASSIC) ke 4 yang diselenggarakan Dayah Insan Qurani Aneuk Batee, Suka Makmur Aceh Besar, pada sejak 1-5 Februari 2020.

Kegiatan itu mengangkat tema Become Unstoppable yang dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh Tgk Usamah El Madny, Sabtu, kemarin.

Pimpinan Dayah Insan Qurani Ustadz Muzakkir Zukifli mengatakan kegiatan ini digagas organisasi santri dayah Insan Qurani (Osdiq) itu sejak tiga tahu lalu, sebagai kreatifitas dan perlombaan antar santri setempat. 

Namun, hingga saat ini kegiatan Classic terbuka untuk sekolah/madrasah di Banda Aceh dan Aceh Besar. Dan berharap dapat diikuti oleh siswa-siswi se Aceh pada tahun mendatang.

“Sebuah kesyukuran bagi kita, apa yang anak-anak kita lakukan hari ini, saat kita masih sedang berbenah, mereka Osdiq mampu melaksanakan kegiatan ini tanpa ada uang pendaftaran, mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan untuk seluruh Aceh," katanya.

Dalam kompetisi ini terdapat berbagai perlombaan seperti bidang sains dan seni. Tercatat 602 siswa dari 23 SD/MI, 24 SMP/MTs, 14 SMA/MA se kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh.

Tgk Usamah El-Madny meminta agar aparat Gampong Aneuk Batee terus mendukung dan ikut merawat Insan Qurani agar  menjadi lebih baik. 

“Insan Qurani telah menjadi aset penting dan terkenal di mana-mana. Harapannya,  Insan Qurani dapat menjadi role model bagi dayah lain yang ada di Aceh," katanya. 

Dia juga berharap agar Classic dapat meningkatkan status menjadi event tingkat provinsi di masa mendatang. Kata dia, pihaknya akan menyediakan piala bergilir jika hal itu dapat terwujud.

 "Tolong ingatkan saya tentang janji ini. Nanti berikan desain menarik pada kami, agar piala yang kita siapkan bernilai lebih, tidak sekedar piala bergilir," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020