Dinas pertanian Aceh Jaya hingga saat ini belum bisa membujuk masyarakat setempat untuk menanam kedele yang mejadi salah satu program pemerintah dalam Pajale.

"Hingga saat ini tidak ada masyarakat Aceh Jaya yang mau menanam kedele, meskipun sudah diberikan berbagai bantuan," kata Fadlon Mirza selaku Kabid Tanaman Pangan dan Holtikurtural Dinas Pertanian Aceh Jaya di Calang, Kamis (6/2).

Baca juga: Kacang kedelai impor di Aceh Barat turun

Ia menyampaikan kurangnya minat para petani dalam menanam kedele dikarenakan harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga dipasaran.

"Harganya sangat murah, dari petani diambil kisaran Rp10.350/kg sedangkan di pasaran dijual Rp13.000/kg, sehingga masyarakat enggan menanam kedele," kata Fadlon.

Baca juga: Distan Abdya kembangkan 1.000 hektare kacang kedelai

Ia menambahkan pada tahun 2017 pernah ada yang tanam namun juga terkendala pada saat panen, bahkan ada yang langsung memanennya sebelum masanya yaitu masih muda karena lebih mahal.

Baca juga: Aceh Utara Kembangkan Kacang Kedelai

"Meskipun pemerintah sudah memprogramkan Pajale, namun masyarakat Aceh Jaya tidak ada yang minat, mereka hanya mau jagung dan padi," kata Fadlon.

Fadlon menyampaikan saat ini bahkan pemerintah akan memfasilitasi semua kebutuhan yang mau menanam kedele mulai dari bibit, obat-obatan bahkan dalam mengeloh tanahnya.

"Di Aceh Jaya hanya jalan pada tahun 2017 saja namun pada tahun 2018, 2019 dan tahun ini tidak ada yang mau menanam kedele," tutup Fadlon.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020