Bupati Kabupaten Aceh Utara H. Muhammad Thaib diwakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) setempat Drs. Amir Hamzah membuka musyawarah lokal (Muslok) Vll organisasi amatir radio Indonesia (ORARI) daerah itu berlangsung di Hotel Diana di Kota Lhokseumawe, Sabtu.

Cek Mad sapaan Bupati Aceh Utara dalam sambutan tertulis dibacakan Kalaksa BPBD Amir Hamzah pada acara itu berharap ke depan ORARI sesuai tuntutan zaman yang cepat berubah, para amatir radio mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

"Menurut informasi yang kami terima tahun 2010, ORARI bekerja sama dengan Badan Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) sudah meluncurkan roket untuk penggunaan APRS (Automatic Position Reporting System) dan ROPI ( Radio Over Internet Protocol)," katanya.

Sementara pada 2011 LAPAN juga bekerja sama dengan ORARI dalam melaksanakan 3 misi antara lain cadangan dukungan komunikasi radio, sarana dukungan komunikasi dalam usaha - usaha yang bersifat kemanusiaan.

Kemudian mitra pemerintah dalam kegiatan pengawasan penggunaan gelombang radio serta pemilikan dan menggunakan perangkat komunikasi radio, membantu pemerintah dalam bidang core diminta atau tidak untuk membantu masyarakat di bidang kebencanaan dan yang terakhir komunikasi melalui satelit.

Misi sebagai dukungan komunikasi (Dukom) pada operasi penanggulangan bencana, SAR, emergency condition maupun dukungan komunikasi bukan dalam hal bahaya seperti dukom pilkada, dukom lebaran Idul Fitri dan Idul Adha serta dukom arus mudik, tahun baru dan lain sebagainya.

Sebagai anggota amatir radio yang memiliki hobi berkomunikasi untuk tujuan sosial, maka dari itu pihaknya memohon agar terus menjaga citra ORARI, peliharalah etika berkomunikasi sesuai standar operating prosedur yang telah ditentukan. 

Menurut Cek Mad etika berbicara melalui radio apalagi melalui jasa repeater, apa saja yang dikomukasikan dampaknya sangat luas, melalui gateway yang dunia ikut memantau.

Selanjutnya siapa pun yang terpilih nanti dalam Muslok itu mari memberikan dukungan penuh dan membesarkan ORARI Aceh Utara. 

Begitu pula bagi pengurus yang terpilih nanti harus benar - benar menjalankan amanah, buat program yang bisa dicapai jangan muluk-muluk. 

Di sisi lain jangan sampai setelah Muslok kegiatan ORARI menjadi vakum tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan maupun mendukung event-event yang diselenggarakan pemerintah daerah, pemerintah Aceh maupun pemerintah pusat.

Sementara Ketua ORARI Provinsi Aceh Abdullah Ali meminta agar meningkatkan hubungan lintas sektor baik dengan pemerintah provinsi maupun daerah untuk saling membantu terutama mendukung komunikasi dalam menanggulangi bencana alam dan musibah lainnya di daerah maupun mengupayakan komunikasi untuk berbagai kepentingan.

Turut hadir memeriahkan Muslok di antaranya Dandim 0103 /Aceh Utara diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Cba. Jumiin, Ketua ORARI Aceh Abdullah Ali, para sesepuh ORARI dalam Provinsi Aceh.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020