Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengimbau seluruh jajarannya untuk ikut aktif menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Shabela Abubakar berharap sensus penduduk tahun ini dapat menghasilkan data kependudukan yang valid dan akurat.

Menurutnya data kependudukan akan sangat diperlukan dalam penyusunan kebijakan perencanaan pembangunan daerah di berbagai bidang.

Baca juga: Bupati keluarkan surat edaran sukseskan sensus penduduk di Bener Meriah

"Ajak seluruh rekan kerja sekantor kita, orangtua, saudara, dan tetangga di sekitar rumah kita, sudahkan menyelesaikan SP online. Ada kesulitan atau tidak. Jika ada, segera bantu mereka," tutur Shabela Abubakar dalam arahannya yang dibacakan oleh Asisten I Mursyid pada Rakor Sensus Penduduk di Oproom Setdakab setempat, Selasa.

Bupati ini yakin jika masing-masing ASN melakukan hal itu maka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Aceh Tengah akan suskes sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Sekda berharap penyatuan data kependudukan lewat Rakor Sensus

"Sensus kali ini merupakan sensus online yang pertama kita terapkan. Jadi masyarakat perlu diedukasi untuk terlibat langsung sebagai subjek dalam proses pengumpulan data. Dimulai dari data pribadinya," kata Shabela.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Tengah Bahruddin pada kesempatan itu menyampaikan bahwa untuk kemudahan pendataan Sensus Penduduk 2020, BPS telah membuka portal resmi untuk pengisian data pribadi di laman http://sensus.bps.go.id.

Baca juga: BPS Aceh lakukan tahap sosialisasi sensus penduduk 2020

Bahruddin menuturkan sensus penduduk tahun ini akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu mulai 15 Februari sampai 13 Maret 2020 untuk tahap pertama (online) dan mulai 1 sampai 30 Maret 2020 untuk tahap kedua (wawancara).

"Nantinya setelah batas waktu pendaftaran tersebut berakhir, portal pengisian sensus secara online akan ditutup. Namun apabila ada penduduk yang belum melakukan pendataan secara online, maka BPS akan melakukan pendaftaran melalui tahap wawancara," kata Bahruddin.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020