Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib menyambut hangat kunjungan silaturrahmi Bupati Serdang Bedagai H Soekirman di Peudopo Idi, Kabupaten Aceh Timur, Senin (2/3).

Kedatangan Soekirman bersama rombongan dalam rangka Revitalisasi Budaya Tradisional Tahun 2020 antara Kabupaten Serdang Bedagai dengan Kabupaten Aceh Timur.

Bupati Soekirman bersama sejumlah pejabat di daerahnya hadir mengenakan pakaian adat sebagai ciri khas daerahnya. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan kekayaan budaya dan adat dalam pertukaran budaya lokal antara Aceh dengan Sumatera Utara.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Serdang Bedagai ini disambut dengan adat budaya Aceh, seperti Surune Kale dan Tari Ranup Lampuan sebagai puncak kemuliaan dalam penyambutan tamu kehormatan.

Usai penyambutan, lalu Bupati Rocky bersama Soekirman dan seluruh tamu dipersilakan menuju Aula Serbaguna Idi, untuk ramah tamah.

Dijadwalkan, Bupati Soekirman bersama rombongan akan dibawa dan didampingi oleh Bupati Rocky ke beberapa tempat bersejarah di Aceh Timur, seperti meninjau Makam Raja Idi di Desa Blang Siguci, Kecamatan Idi Rayeuk dan mengunjungi Makam Sultan Sayyid Maulana Abdul Aziz Syah Peureulak di Desa Badrong, Kecamatan Peureulak.

Bupati Rocky dalam penyambutan Bupati Serdang Bedagai itu mengatakan, kunjungan silaturrahmi tersebut dapat terus berlanjut dalam pertukaran budaya dan adat tradisional. Tujuannya adalah untuk saling kenal budaya antara dua daerah yang berbeda provinsi itu.

"Beberapa tari seni dan budaya tradisional yang kami tampilkan ini adalah bagian dari kekayaan budaya di daerah kami, sehingga melalui revitalisasi ini dapat membangkitkan semangat kita dalam menjaga kelestarian budaya di Indonesia," demikian Rocky.

Hadir antara lain Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, Asisten I Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi, Plt. Kadisdikbud Aceh Timur, Saiful Basri, sejumlah pejabat lainnya. Beberapa seni tari yang ditampilkan Pemkab Aceh Timur dalam Revitalisasi Budaya Tradisional itu antara lain Saman Gayo, Seudati dan Seni Tari.

Pewarta: Hayuturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020