Aceh menjadi tuan rumah rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Sumatera yang membahas pekan olahraga wilayah yang akan dilangsungkan di Provinsi Aceh pada 2023.

Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar di Banda Aceh, Rabu, mengatakan rapat koordinasi KONI se-Sumatera tersebut berlangsung pada 13-14 Maret mendatang.

"KONI Aceh siap menjadi tuan rumah rapat koordinasi KONI se-Sumatera. Rapat koordinasi ini juga menjadi bagian dari uji coba persiapan Aceh sebagai tuan rumah Porwil Sumatera 2023 dan PON 2024," kata Kamaruddin Abubakar.

Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak berharap panitia rapat koordinasi yang sudah terbentuk dapat melaksanakan kegiatan dan melayani peserta dengan sebaiknya.

"Rapat koordinasi ini diikuti KONI dari sembilan provinsi di Sumatera. Rapat koordinasi ini juga dihadiri utusan dari KONI Pusat," kata Kamaruddin Abubakar.

Ketua Panitia Rapat Koordinasi KONI se-Sumatera T Rayuan Sukma mengatakan ada sejumlah agenda penting yang dibahas dalam rapat tersebut. Di antaranya terkait regulasi pelaksanaan Porwil se-Sumatera pada 2023.

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh tersebut menyebutkan pihaknya sudah menyusun draf sejumlah regulasi dan peraturan hukum pelaksanaan Porwil untuk dibahas dengan KONI se-Sumatera.

"Draf regulasi yang disusun, di antaranya menyangkut jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porwil Aceh 2023," kata T Rayuan Sukma yang juga Wakil Ketua Umum KONI Aceh tersebut.

Selain itu, regulasi terkait mutasi atau perpindahan atlet antarprovinsi. Regulasi mutasi atlet ini menjadi penting agar persoalan terkait di Porwil Bengkulu 2019 tidak terulang.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan dan berupaya maksimal agar pelaksanaan rapat koordinasi KONI se-Sumatera berjalan sukses dan lancar," kata T Rayuan Sukma.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020