Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh menyediakan thermometer infrared untuk pemindaian suhu tubuh secara mandiri oleh setiap penumpang, dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Jadi kita KKP dan UPTD Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menyediakan fasilitas untuk seluruh pengguna jasa pelabuhan guna dapat memeriksa suhu tubuhnya sendiri," kata Koordinator KKP Kelas III Pelabuhan Ulee Lheue, Ferry Irawan di Banda Aceh, Kamis.

Selain menyediakan dua unit thermometer infrared, KKP juga menyediakan antiseptik untuk digunakan penumpang setelah memegang alat pemindai suhu tubuh secara mandiri tersebut.

"Di sini ada dua unit alat thermometer infrared. Kita juga sediakan antiseptik untuk sanitasi tangan yang melakukan pemeriksaan suhu tubuh sendiri," katanya.

Indonesia merupakan salah negara yang terkena dampak COVID-19, kata dia, maka tidak hanya mengandalkan petugas dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut, tetapi juga dibutuhkan kesadaran dari seluruh masyarakat dalam perilaku hidup sehat.

Lebih lanjut, dia menambahkan, meskipun Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh bukan lalu lintas langsung ke luar negeri, namun KKP menilai perlu upaya pencegahan dengan alat yang sesuai standar.

"Dan inisiatif dari masyarakat kita sendiri, dalam hal ini seluruh pengguna jasa dari Pelabuhan Ulee Lheue untuk dapat melakukan pemeriksaan suhu tubuh sendiri, secara mandiri," katanya.

KKP dan UPTD Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh juga belum memutuskan batas waktu penyediakan thermometer infraded dan antiseptik tersebut, diperkirakan hingga keadaan Indonesia kondusif dari COVID-19.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020