Sebanyak 396 anak dari perwakilan seluruh SD di Kabupaten Aceh Jaya mengikuti seleksi Kompetensi Sain Nasional (KSN) jenjang SD tingkat kabupaten di SD Negeri 3 Calang, Jumat (13/3). 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Abdul Jabar  menyampaikan seleksi ini dilaksanakan untuk mengukur kemampuan siswa - siswi di bidang matematika dan juga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Tujuan kita untuk mengetahui kemampuan siswa dan siswi SD di Aceh Jaya bidang Matematika dan IPA, sehingga ke depan jika ada perlombaan kita mudah mengetahui kemampuan anak didik," kata Abdul Jabar.

Baca juga: 42 peserta bersaing dalam KSN se-Aceh Timur

Ia menyampaikan siswa yang mendapatkan juara nantinya juga akan mewakili Aceh Jaya pada ajang KSN tingkat provinsi yang berlangsung pada bulan April 2020.

"Yang dapat juara nanti akan mewakili Aceh Jaya pada KSN tingkat provinsi, nanti akan kita ambil juara 1, 2, dan 3 masing-masing bidang studi," kata Abdul Jabar.

Abdul Jabar juga menambahkan siswa yang terpilih nanti akan dilakukan pembinaan TC sebelum diberangkatkan ke tingkat provinsi agar lebih siap untuk bersaing dengan kabupaten/kota lain dan bisa membawa nama harum Aceh Jaya baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Ini juga merupakan program Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya dalam rangka meningkatkan kualitas partisipasi pendidikan Kabupaten Aceh Jaya dalam setiap even baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional," kata Abdul Jabar.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020