Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan mulai Senin (16/3) sekolah-sekolah di bawah kewenangan Pemerintah Aceh akan diliburkan guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19.

“Sesuai instruksi Pak Plt Gubernur, mulai besok seluruh sekolah di bawah kewenangan Pemerintah Aceh akan diliburkan hingga dua minggu ke depan dan akan di evaluasi setelahnya. Apakah liburnya diperpanjang atau tidak,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya terkait adanya intruksi Plt Gubernur Aceh untuk meliburkan sekolah di bawah kewenangan Pemerintah Aceh guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Ia menjelaskan Plt Gubernur Aceh, telah memerintahkan instansi terkait untuk segera duduk bersama dan mencari formulasi yang tepat, agar selama di rumahkan para peserta didik tidak kehilangan momentum dan semangat belajar, karena waktu ujian nasional sudah dekat. 

“Saat ini Pak Sekda sedang memimpin rapat bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan instansi terkait lainnya, untuk mencari mekanisme yang tepat,” katanya.

Iswanto menambahkan, Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, juga terus berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota agar melakukan langkah antisipasi yang sama dengan Pemerintah Aceh.

“Semua unsur pemerintahan harus memiliki gerak yang sama karena upaya pencegahan ini tidak bisa dilakukan parsial tapi harus menyeluruh. Kami juga tentu membutuhkan dukungan masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 ini,” katanya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak perlu panik dan terus membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta mengikuti tips dan langkah sehat yang disarankan pemerintah.

Ia juga meminta kepada  masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita-berita bohong atau hoax terkait covid-19 yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab di medsos.

“Alhamdulillah, hingga hari ini belum ada warga Aceh yang dinyatakan positif covid-19. Beberapa hari lalu memang ada dua orang suspect atau terduga corona dan sudah ditangani tim medis Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, sudah diperiksa spesimennya dan mereka dinyatakan negatif covid-19. Kedua orang ini pun sudah dipulangkan,” kata Iswanto.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020