Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meliburkan seluruh aktivitas sekolah mulai dari PAUD, TK , SD, SMP hingga SMA sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Iya benar, mulai Senin ( 16/3) hingga Minggu (19/3) aktivitas sekolah kita liburkan mulai dari jenjang PAUD hingga SMA sederajat di Abdya," kata Kadis Pendidikan Abdya, Jauhari di Blangpidie, Ahad.  

Baca juga: Dampak Corona, Universitas Malikussaleh terapkan perkuliahan secara online

Menurut Jauhari, keputusan libur sekolah selama dua pekan tersebut diambil setelah dirinya melakukan koordinasi dengan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim untuk menindak lanjuti intruksi Presiden dan Gubernur.

Adapun Presiden mengeluarkan instruksi libur sekolah tersebut bertujuan agar para generasi bangsa diseluruh pelosok Tanah Air bisa terbebas dari bahaya wabah virus corona.

Baca juga: Cegah Covid-19, Pemkab Aceh Timur liburkan sekolah

“Sesuai kewenangan bupati kepala daerah, untuk mengantisipasi penyebaran corona, saya putusakan  sekolah yang menjadi kewenangan kabupaten, juga diliburkan," kata Jauhari dari hasil koordinasi dengan Bupati Abdya.

Baca juga: Siaga corona, Pemkab Aceh Tengah minta semua sektor serius antisipasi dini

Kadis Pendidikan Abdya itu juga mengatakan, Pemerintah Daerah memerintahkan setiap kepala sekolah, guru dan orang tua murid, untuk membimbing agar anak-anaknya untuk belajar di rumah.

“Jangan kesempatan 14 hari libur ini dimanfaatkan oleh peserta didik dan orang tua untuk berlibur baik ditempat wisata lokal maupun di luar daerah," kata Jauhari.

Dilanjutkan,  untuk keputusan berapa lama libur ini diberlakukan, sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

"Sekali lagi saya mengimbau seluruh orangtua/wali siswa, agar turut serta mengawasi anak masing-masing agar tetap belajar di rumah saat hari libur sekolah diberlakukan," pintanya

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020