Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM) membuka posko kesiapsiagaan dan tenda isolasi guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau dikenal covid-19.

Kepala Kesdam IM Kolonel Ckm Ismi Purnawan di Banda Aceh, Senin, mengatakan pembentukan posko kesiapsiagaan merupakan tindak lanjut instruksi komando untuk mengantisipasi merebaknya penyebaran covid-19 di wilayah satuan kerja.

"Ada tiga posko didirikan, yakni di Rumah Sakit Kesdam IM di Banda Aceh, di Kesehatan Korem 011/LW di Lhokseumawe, dan Kesehatan Korem 012/TU di Meulaboh," kata Kolonel Ckm Ismi Purnawan.

Posko kesiapsiagaan antisipasi virus corona meliputi dua tenda peleton kesehatan. Tenda pertama diperuntukkan sebagai tenda perawat dengan tiga orang tenaga medis yang dilengkapi dengan perlengkapan medis dan obat obatan.

Sementara, tenda kedua diperuntukkan sebagai tenda pasien, dilengkapi dengan 10 tempat tidur. Masing-masing tempat tidur dilengkapi lemari dan standart infus serta oksigen.

"Tenda posko kesiapsiagaan digelar sebagai tempat pengisolasian pasien apabila ditemukan positif covid-19 di wilayah jajaran Kodam Iskandar Muda," kata Kolonel Ckm Ismi Purnawan
 
Kolonel Ckm Ismi Purnawan menyebutkan gelar posko kesiapsiagaan dan gelar tenda isolasi juga diperuntukkan apabila ditemukannya pasien yang mempunyai tiga kriteria. 

Yakni, kriteria orang dalam pemantauan, kedua pasien dalam pengawasan, serta kriteria ketiga, orang yang diduga atau suspect virus corona.

"Posko dan tenda isolasi akan digelar terhitung 15 hingga 31 Maret 2020 atau sampai benar-benar tidak ditemukannya pasien covid-19 di jajaran Kodam Iskandar Muda," kata Kolonel Ckm Ismi Purnawan.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020