Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta seluruh jajarannya untuk mengikuti arahan dari pemerintah pusat dalam penanganan COVID-19.

Usai mengikuti rapat kerja melalui video conference dengan Menteri Dalam Negeri dan sejumlah kementerian terkait tentang upaya penanganan COVID-19 Shabela Abubakar langsung menginstruksikan jajarannya untuk menindaklajuti hasil rapat tersebut sesuai arahan oleh masing-masing kementerian.

Baca juga: Bank Aceh sumbang 2.000 masker untuk Aceh Tengah

"Ini penting, kalau arahan kebijakan pusat tidak kita tindaklanjuti dengan baik di daerah, maka nantinya kita bukan hanya menghadapi persoalan penanganan pasien virus corona, tapi juga persoalan kemerosotan ekonomi berikut stabilitasnya," kata Shabela Abubakar kepada jajarannya usai mengikuti video conference, Selasa (7/4).

Bupati ini menegaskan dalam waktu dekat setiap kepala dinas harus sudah menindaklanjutinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menjaga stabilitas ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Walau dengan grup WhatsApp, proses pendidikan di Aceh Tengah tetap berjalan

Selain itu kata Shabela khusus untuk pendataan calon penerima kartu prakerja sesuai arahan pemerintah pusat dia juga meminta dinas terkait untuk mempercepat pendataannya.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah terima bantuan APD dari BNI

"Dari sisi ketenagakerjaan, itu balai latihan kerja perlu diberdayakan sebagaimana arahan Menteri Ketenagakerjaan tadi. Termasuk juga dengan pendataan calon penerima kartu prakerja perlu dipercepat," ucap Shabela.

Lebih lanjut Shabela juga mengarahkan jajarannya untuk terus memantau ketersediaan bahan pangan serta hasil pertanian di daerah itu termasuk stabilitas harganya di pasaran.

Untuk ini Shabela meminta tiga dinas terkait yakni Dinas Pangan, Dinas Pertanian, dan Dinas Perdagangan, agar lebih pro aktif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Jangan sampai masyarakat kita kesulitan untuk mendapatkannya (Bahan pangan). Dan bilamana terjadi kondisi yang tidak diharapkan, kita sudah memiliki alternatif penyelesaiannya," tutur Shabela.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020