Harga daging sapi di Banda Aceh bergerak naik yakni dari Rp130 ribu per kilogram menjadi Rp140 ribu per kilogram menyusul naiknya harga tebus sapi di tingkat peternak.

“Naiknya harga beli di tingkat peternak juga berdampak terhadap harga jual daging sapi kepada masyarakat,” kata pedagang daging sapi di Pasar Peunayong, Ahmad Reza di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan kenaikan harga daging sapi sebesar Rp10 ribu per kilogram tersebut telah terjadi dalam tiga hari terakhir.

Ahmad Reza mengatakan meski harga daging sapi bergerak naik, namun untuk permintaan belum terjadi lonjakan.

“Biasanya permintaan daging sapi menjelang bulan suci Ramadhan meningkat, tapi saat ini masih belum terlihat adanya peningkatan dibanding sebelumnya,” katanya.

Menurut dia Biasanya permintaan daging mulai meningkat untuk persediaan kebutuhan tradisi meugang (hari penyembelihan hewan ternak).

Sementara itu Adwan pedagang daging di Pasar Lambaro mengatakan, harga daging premium di jual di tingkat pedagang masih bertahan Rp130 per kilogram.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, menjelang bulan suci Ramadhan kita memotong 2 sampai 3 ekor sapi, sedangkan sekarang kita hanya memotong 1 ekor sapi," kata Adwan.

Pewarta: Zubaidah

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020