Tim Gugus Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya kini mulai melakukan pemeriksaan rapid tes COVID-19 kepada puluhan pemudik asal Jakarta yang sudah tiba ke daerah ini sejak Ahad (26/4) lalu.

“Memang sudah ada beberapa warga Nagan Raya Aceh yang baru tiba dari Jakarta yang sudah mulai kita periksa, sebagian pendatang lainnya juga segera dilakukan test satu per satu,” kata Juru Bicara Gugus COVID-19 Nagan Raya, dr Dedi Apriadi, Rabu di Suka Makmue.

Menurutnya, pemeriksaan tersebut sangat penting dilakukan mengingat para warga yang pulang ke Nagan Raya, Aceh berasal dari daerah episentrum sebaran COVID-19 yakni dari Jakarta.

Meski sudah ada beberapa warga pendatang yang diperiksa, namun hasilnya sudah dikantongi oleh petugas kesehatan.

“Nanti untuk hasilnya juga akan kita umumkan melalui konferensi pers,” kata Dedi Apriandi.

Pihaknya sengaja tidak mengumumkan secara terbuka terhadap jadwal pemeriksaan rapid tes kepada warga Aceh yang selama ini menetap di Jakarta, untuk menghindari kepanikan di kalangan masyarakat setempat.

Meski pun demikian, sebagian besar warga Aceh yang sudah tiba di Nagan Raya, juga sudah melaporkan kedatangannya ke masing-masing aparat desa, serta sudah mematuhi intruksi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Kita berharap semua warga yang mudik asal Jakarta ini nantinya negatif sesuai hasil rapid test,” ungkapnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020