Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah meninjau posko pengungsi yang terdampak banjir di beberapa lokasi di Aceh Besar, Jumat sore.

“Saya minta masyarakat untuk bersabar, pemerintah bakal memenuhi kebutuhan, khususnya sembako, di masa panik. Sekarang pastikan kita selamat dan semuanya sehat dulu. Apa-apa kebutuhan disampaikan, insya Allah akan kami antar segera," kata Nova saat mengunjungi warga Garot yang mengungsi di SD Negeri Garot Aceh Besar.

Nova menjelaskan pihaknya melalui dinas sosial telah menyalurkan bahan kebutuhan masa panik kepada warga yang mengungsi.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Aceh mengirimkan tim untuk memastikan kebutuhan lainnya bagi pengungsi dapat terlayani.

Nova juga meminta para petugas untuk secepatnya mempersiapkan segala kebutuhan berbuka puasa bagi masyarakat terdampak.

“Penting sekali untuk dipastikan, semua kebutuhan pokok untuk malam ini harus segera tersedia,” katanya.

Nova juga meminta Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri untuk segera mendata masyarakat yang terdampak banjir dan berapa keluarga yang harus mengungsi akibat banjir.

Keuchik Gampong Garot Teddy Helvan menyebutkan ada sekitar 800 kepala keluarga yang terdampak langsung banjir. Sebanyak 115 KK sudah mengungsi dan sebagiannya masih bertahan di rumah masing-masing.

Teddy mengatakan beberapa masyarakat memilih bertahan di rumah karena alasan genangan air yang belum terlalu tinggi dan ada juga yang bertahan di lantai dua rumah.

Usai dari Garot, gubernur kemudian mengunjungi kompleks Sekolah Daarut Tahfidz Al Ikhlas di Villa Citra Buana Gardenia, Aceh Besar.

Dalam peninjauan tersebut Plt Gubernur Aceh turut didampingi istri Dyah Erti Idawati, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, Kepala Pengairan Aceh Mawardi, Kalak BPBA Sunarwandi serta Dandim 0101 BS Kol Inf Hasandi Lubis.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020