Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada didampingi sejumlah pejabat utama Polda Aceh, meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah. 

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono di Banda Aceh, Kamis, mengatakan dalam kunjungannya tersebut, Kapolda Aceh juga ikut bakti sosial membersihkan lumpur material banjir.

"Kapolda bersama rombongan dan pejabat setempat juga meninjau rumah warga dan lokasi pengungsian warga di sekolah dasar setempat," kata Kombes Pol Ery Apriyono. 

Kampung Paya Tumpi merupakan satu dari tiga desa di Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, yang dilanda banjir bandang menyusul hujan lebar pada Rabu (13/5).

Dalam kunjungan ke lokasi banjir, jenderal Polri bintang dua itu juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang sedang mengalami bencana alam.

"Polisi itu tugasnya sebagai pelindung dan pelayan masyarakat. Kemudian, jika ada polisi, TNI, dan pemda di sini merupakan bentuk perhatian negara," kata Kombes Pol Ery Apriyono mengutip pernyataan Kapolda.

Oleh karena, sebut dia, kepolisian menurunkan anggota untuk membantu masyarakat seperti evakuasi dan sampai penanganan selanjutnya hingga kondisi masyarakat pulih

Kapolda menyebutkan bencana banjir bandang yang terjadi di Paya Tumpi menjadi pelajaran. Ketika masyarakat menjaga alam, maka alam akan menjaga masyarakat.

"Oleh sebab itu, Kapolda mengajak masyarakat membangun kembali untuk memperbaiki alam. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki alam," sebut Kombes Pol Ery Apriyono.

Terkait pembersihan lokasi banjir bandang, Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan pembersihan material di pemukiman masyarakat dilakukan menggunakan dua alat berat.

"Sedangkan kondisi jalan di lokasi banjir bandang sudah bisa dilalui kendaraan umum dengan sistem pengaturan lalu lintas satu jalur untuk mencegah terjadinya kemacetan," pungkas Kombes Pol Ery Apriyono.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020