Masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh telah melaksanakan shalat hari raya Idul Fitri 1441 hijriah, Minggu, pagi. 

Warga berbondong-bondong mendatangi masjid atau lapangan untuk menunaikan ibadah shalat Id, salah satunya seperti di masjid Jami' At Taqwa Desa Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya. 

Meski berlebaran di tengah pandemi COVID-19, warga setempat juga melaksanakan shalat Id berjamaah, mulai dari dalam masjid hingga berlimpah ruah ke halaman masjid. 

Sebagian warga juga terlihat menggunakan masker, untuk langkah antisipasi dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 di daerah breuh padee sigupai. 

Pada lebaran kali ini, di masjid Jami' At Taqwa yang bertindak sebagai imam dan khatib shalat Id yakni Ustadz Ikhsan Jufri asal Desa Lhok Gajah, Kecamatan Kuala Batee.

Anggota DPRK Aceh Barat Daya tersebut mengatakan, hari raya Idul Fitri sebagai momentum masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama. 

Pesan khutbah, kata dia, salah satu kaum yang tidak diangkat dosanya oleh Allah SWT, ialah salah satunya orang yang bertikai dengan saudaranya. Tidak ada guna kita beribadah kalau kita tidak berhubungan baik dengan saudara.

"Ini momentum sangat berbahagia, hari raya  Idul Fitri, datang ke rumah saudara, kita silaturahmi, meminta maaf," kata ketua Komisi D DPRK Abdya tersebut.

Menurut Ikhsan, takbir yang dikumandangkan dalam shalat Id tersebut untuk menunjukkan kemenangan setelah menunaikan ibadah puasa dalam sebulan penuh. 

"Sudah sepantasnya kita merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020