Para nelayan menyatakan tidak melaut selama sepekan perayaan lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, mengakibatkan melambungnya harga ikan di Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Agam, seorang nelayan yang ditemui di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo Banda Aceh, Rabu, memperkirakan hingga tiga hari mendatang masih banyak nelayan yang libur melaut.

"Perkiraan saya pada Sabtu atau Minggu besok baru ada nelayan yang melaut, terutama nelayan dengan kapal besar," katanya.

Tidak melautnya para nelayan di Aceh itu pada setiap menyambut lebaran sudah merupakan tradisi turun temurun sejak dahulu.

"Dua lebaran yakni Idul Fitri dan Idul Adha dirayakan meriah dan sakral bagi masyarakat muslim di Aceh. Selama libur itu kita manfaatkan untuk bersilaturahmi sesama warga, saudara dan kerabat," kata Agam.

Biasanya di pelabuhan perikanan samudera Lampulo tersebut padat dengan pedagang dan pembeli, namun hingga H+3 Idul Fitri masih terlihat dua,  tiga pedagang yang menjajakan ikan yang merupakan hasil tangkapan sebelum lebaran. Sementara pembeli sekitar belasan orang.

Sementara harga ikan tongkol yang dijual di pedagang eceran seperti di kawasan Batoh juga naik yakni Rp40 ribu per kilogram dari sebelum lebaran Rp20 ribu per kilogram.
 

Pewarta: Azhari

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020