Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Provinsi Aceh menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk membantu tenaga medis di provinsi setempat dalam upaya penanganan COVID-19.

“Bantuan APD yang kita salurkan ini merupakan sumbangan dari para anggota Hiswana Migas yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh dan merupakan bentuk kepedulian kepada tenaga medis,” kata ketua Hiswana Migas Provinsi Aceh, Faisal Budiman di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan bantuan APD untuk tenaga medis COVID-19 yang tersebar di seluruh kabupaten/kota melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh di Banda Aceh.

Ia menjelaskan bantuan yang diserahkan langsung kepada Ketua IDI Wilayah Aceh, dr Safrijal dengan total sekitar Rp120 juta tersebut nantinya akan disalurkan ke kabupaten/kota.

“Kita minta kepada IDI, bantuan APD yang merupakan sumbangan dari rekan-rekan Hiswana Migas Aceh dapat disalurkan ke dokter dan tenaga medis yang ada daerah-daerah dalam upaya mencegah penyebaran corona,” katanya.

Ada pun bantuan APD yang diserahkan Hiswana Migas Aceh melalui IDI wilayah Aceh terdiri dari hazmat 200 buah, glove karet pendek isi 100 sebanyak 50 box, glove karet panjang 100 buah, masker N95 tipe 8210 sebanyak 100 buah, helm faceshield 100 buh, boot medis 100 pasang, google medis 200 buah, masker sugical 3 ply 25 box, nurse cap isi 100 sebanyak 50 box dan tes cepat 50 buah.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan APD untuk tim medis Aceh kepada IDI Wilayah Aceh, Ketua Hiswana Migas Aceh turut didampingi Sales Area Manager Branch Aceh, Ferry Pasalini.

Faisal Budiman juga menambahkan dalam mencegah penyebaran COVID-19, pihaknya juga telah mengimbau kepada seluruh anggota Hismana Migas menerapkan protokol COVID-19 dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Seluruh SPBU dan juga penjualan elpiji telah menerapkan protocol COVID-19 sesuai dengan instruksi Pemerintah dan juga instruksi dari Pertamina,” katanya.

Ia mengatakan dalam memberikan pelayanan, seluruh petugas SPBU menggunakan masker, penutup wajah dan menjaga jarak serta dalam setiap sebulan sekali SPBU dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Penerapan protokol kesehatan ini merupakan salah satu upaya dari mencegah penyebaran corona dalam lingkungan kerja dan juga kepada masyarakat,” katanya.

Sales Area Manager Branch Aceh, Ferry Pasalini mengatakan bantuan yang diberikan tersebut merupakan kepedulian Hiswana Migas Aceh dalam mendukung Pemerintah untuk penanggulangan COVID-19.

“Pertamina sebelumnya juga telah menyalurkan APD untuk tenaga medis melalui program Pertamina Peduli dan hari ini bantuan yang sama juga disalurkan oleh Hiswana Migas Aceh,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020