Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengaku, jumlah pasien positif menderita virus corona jenis baru (COVID-19) yang masih dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa milik pemerintah kota (pemko) setempat tinggal tiga orang.

"Alhamdulillah, pasien positif corona tersisa tiga orang. Ketiganya kini tengah menjalani perawatan, mari kita doakan agar Banda Aceh kembali nihil kasus COVID-19," kata Aminullah di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan, sebelumnya sempat terjadi lonjakan kasus COVID-19 dalam satu pekan terakhir, dan kini di Banda Aceh telah kembali mengalami penurunan signifikan.

Fenomena lonjakan tersebut, katanya, terjadi begitu cepat, setelah diberlakukan tatanan normal baru. Pasalnya, setiap aktivitas kembali dijalankan dengan harus menerapkan aturan protokol kesehatan.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh hari ini hingga pukul 12.00 WIB menyebut, kasus positif COVID-19 menjadi 18 orang. Berkurang tiga orang dari Selasa (7/7), satu orang meninggal dunia, dan tiga orang masih dalam perawatan. 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 29 orang, dan selesai menjalani pemantauan 83 orang dari total 112 orang.

"Sempat terjadi perenggangan pada perbatasan, dan kebijakan tersebut diambil berdasarkan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat (new normal). Namun dalam sepekan terakhir ini, kita telah kembali tingkatkan aturan dalam daerah," katanya.

Wali kota menegaskan, Tim Siaga COVID-19 Banda Aceh juga telah menginstruksikan gampong-gampong (desa-desa) untuk melakukan "rapid tes" setiap orang yang baru saja tiba dari luar daerah.

Aminullah juga kembali mengingatkan warga kota untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas sehari-hari. 

"Gunakan masker, sediakan 'hand sanitizer', dan cuci tangan dengan sabun, dan jauhi keramaian untuk sementara waktu," terang Wali Kota Aminullah.

Direktur RSUD Meuraxa, dr Fuziati Sp Rad, memastikan, pasien positif COVID-19 yang telah sembuh dipulangkan, setelah hasil pemeriksaan terakhir dinyatakan negatif.

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020