Pemerintah Aceh melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh menggelar pasar murah di 92 titik dalam upaya menyambut lebaran Idul Adha 1441 Hijriah.

“Pelaksanaan Pasar Murah ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran Idul Adha di pasaran,” kata Kepala Disperindag Aceh, Mohd Tanwier di Jantho, Aceh Besar, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka pasar murah yang dilaksanakan secara serentak di 23 kabupaten/kota se Aceh.

Ia menjelaskann pasar murah yang digelar bekerja sama dengan Perum Bulog Wilayah Aceh tersebut akan berlangsung dari 20 sampai 23 Juli 2020 dengan setiap kabupaten/kota mendapat empat lokasi pelaksanaan pasar murah.

“Kebutuhan bahan pokok yang dijual di pasar muran harganya sangat murah dan sangat terjangkau,” katanya.

Ada pun bahan pokok yang diberikan subsidi tersebut tepung terigu, gula pasir, dan beras masing-masing Rp3 ribu per kilogram, minyak goreng Rp3 ribu per liter dan telur ayam ras Rp250 per butir.

Pihaknya berharap kegiatan pasar murah tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau memasuki lebaran haji 2020.

Pembukaan pasar murah yang berlangsung di halaman depan kantor Camat Jantho disambut antusias oleh masyarakat setempat. Masyarakat yang berbelanja di pasar murah juga mematuhi protokol COVID-19 dalam upaya memotong mata rantai penyebaran COVID-19.

Pemimpin Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh, Irsan Nasution mengatakan pihaknya akan melaksanakan secara maksimal kegiatan pasar murah yang diselenggarakan dalam rangka menyambut lebaran Idul Adha.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada di seluruh titik pelaksanaan pasar murah,” katanya.

Ia juga berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan pasar murah tersebut karena harga yang dijual lebih murah dari harga pasar.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten II Setdakab Aceh Besar, M Ali,  Kadis Pangan Aceh Besar, Fuadi Ahmad dan Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar Darmansyah.

Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar Darmansyah menambahkan pelaksanaan pasar murah di Aceh Besar di gelar di empat lokasi masing-masing Jantho, Kecamatan Kuta Cot Glie pada Selasa (21/7/2020), Kecamatan Darussalam pada Rabu (22/7/2020), dan Kecamatan Lhoknga pada Kamis (23/7/2020).

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020