Seorang tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berinisial DS (40) dinyatakan positif terpapar Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Betul, Selasa (28/7) malam keluar sampelnya. Dari tujuh sampel satu positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium Balitbangkes Aceh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati  di Blangpidie, Rabu.

 Menurut dia, pasien yang terpapar Coronavirus berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium Balitbangkes Aceh itu merupakan tenaga medis yang bertugas di RSUD Tengku Peukan Abdya berinisial DS (40).

 “Sampel DS ini diambil pada (24/7) lalu karena pernah kontak dengan pasien COVID-19. Sampel tenaga medis ini diambil bersamaan dengan 27 orang lainnya. Ada dokter, perawat dan masyarakat,”katanya menambahkan.

 “Setelah kita kirim ke laboratorium Balitbangkes Aceh. Kemarin keluar 20 sampel, hasilnya  negatif semua. Kemudian sisanya tadi malam keluar lagi dari 7 sampel itu satu orang diantaranya positif COVID-19,” tambahnya lagi.

 Ia menerangkan dengan bertambahnya satu orang tenaga medis yang bertugas di RSUD Tengku Peukan tersebut, maka jumlah keseluruhan pasien terpapar wabah COVID-19 di Kabupaten Abdya sudah menjadi 5 orang.   

“Sudah 5 orang warga Abdya yang positif COVID-19. Satu orang diantaranya sudah meninggal dunia, satu orang sudah sembuh, dan tiga orang pasien lagi sekarang sedang menjalani isolasi di RSUD Tengku Peukan Abdya,” jelasnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020