Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan masa panik berupa sandang dan pangan untuk masyarakat korban banjir di sejumlah wilayah pantai Barat Selatan Aceh, yakni Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Aceh Selatan.

Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri di Banda Aceh Kamis mengatakan sekarang ini curah hujan di Aceh masuk dalam kategori tinggi sehingga kepala daerah diimbau tetap waspada, terutama daerah rawan bencana alam seperti banjir luapan, tanah longsor maupun banjir bandang.

"Pemerintah Provinsi Aceh tidak pandang bulu dalam membantu setiap musibah bencana yang melanda daerah, kami pemerintah provinsi berkewajiban untuk memastikan kehadiran negara dalam berbagai situasi di tengah masyarakat," kata Alhudri.

Alhudri menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Bupati Aceh Jaya Irfan TB dan Bupati Aceh Barat Ramli MS di masing-masing daerah. Sedangkan untuk Aceh Selatan diserahkan Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial kepada Bupati Aceh Selatan Tgk Amran.

Dia meminta seluruh kepala daerah agar tidak lengah dalam kondisi darurat bencana alam, dan harus aktif berkomunikasi dengan pemerintah provinsi.

"Kami dari Dinas Sosial Aceh selalu siap turun ke lapangan dalam berbagai kondisi, agar masyarakat yang berdampak bencana alam bisa dengan segera memperoleh bantuan masa panik," katanya.

Sementara itu, Irfan TB terus berkomitmen untuk siaga, sekaligus mempersiapkan langkah pemerintah kabupaten dalam menghadapi masa panik di tengah kondisi curah hujan yang cukup tinggi, dan cuaca ekstrem.

“Kami akan terus memonitor terhadap perkembangan di lapangan, apabila ada pengungsi inilah sandang dan pangan yang baru saja dibantu oleh pemerintah provinsi baik oleh Dinas Sosial Aceh maupun oleh BPBA,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Aceh Barat dan Aceh Selatan, bahwa Pemkab setempat berterimakasih atas bantuan yang diberikan, dan berharap bantuan tersebut dapat berguna bagi warga yang terimbas bencana.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020