Marnudin (58) pemilik rumah dan kebun yang di amuk gajah liar di simpang Cehcut Desa Lhok Boat, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya menerima bantuan masa panik dari Pemkab setempat.

Marnudin pemilik rumah dan areal kebun yanh dirusak gajah liar mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Aceh Jaya atas bantuan yang di berikan kepadanya.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati atas bantuan yang diberimaan kepada kami, kami terima dengan lapang dada,"kata Marnudin, jum,at (7/8).

Sementara itu Bupati Aceh Jaya T.Irfan Tb menyampaikan kalau pihaknya mengucapkan belasungkawa atas musibah yang tertimpa masyarakatnya.

"Hari ini kita serahkan bantuan masa panik kepada warga yang musibah amukan gajah liar, baik berupa bantuan sandang dan juga pangan serta bantuan dana dari baitul mal kita," kata T.Irfan Tb.

Ia menanbahkan kalau pihaknya juga menerima laporan terkait kerugian yang yang diterima oleh warganya yaitu 2 Hektar sawit yang sudah bisa panen dan juga seree wangi serta tanaman lainnya.

"Kami sangat berharap kepada BKSDA yang punya kewenangan terkait gajah ini dapat dilakukan tindak lanjut agar masyarakat yang digangu kawanan gajah ini terbebas dari kawanan gajah liar,"kata T. Irfan Tb.

Ia juga menjelaskan kalau pihaknya akan menyampaikan kepada dinas terkait untuk dapat membantu kembali baik itu bibit tanaman lainnya yang dirusak gajah.

"Untuk rumah sudah kita sampaikan kepada Kalak BPBK Untu dapat membantu semntara rumah shelter kepada keluarga tersebut apalagi didalam rumah tersebut dihuni tiga kepala keluarga dengan sembilan orang jiwa,"kata T.Irfan Tb.


Sebelumnya puluhan ekor gajah liar kembali mengobrak abrik  areal perkebunan kelapa sawit milik warga  Di simpang Cehcut Desa Lhok Boat, Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya, sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu (5/8). 

Setidaknya dua hektar lahan sawit dan juga rumah warga setempat hancur di rusak puluhan gajah liar.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020