Dalam memperingati 75 tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) , Korem 011 Lilawangsa membentangkan bendera di dasar laut perairan Lhokseumawe, tepatnya di Desa Ujung Batee Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Senin (17/8).

Prosesi pengibaran sangsaka merah putih tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB dan melibatkan tim penyelam dari TNI-Polri, POSSI Lhokseumawe dan Aceh Utara, SAR Aceh Utara serta mahasiswa Universitas Malikussaleh.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan kegiatan mengibarkan bendera di dasar laut dengan kedalaman enam meter tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Peringatan hari kemerdekaan RI ini memiliki makna yang sama di seluruh penjuru Indonesia, maka patut disyukuri, karena kemerdekaan tersebut lahir berkat usaha perjuangan dan pengorbanan seluruh komponen masyarakat,"kata Baskoro.

Ia menambahkan bahwa kemerdekaan yang sesungguhnya adalah bagaimana untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan tersebut dalam bingkai NKRI.

"Tantangan kemerdekaan itu adalah bagaimana mengisi kemerdekaan itu, bagaimana kita merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari kebodohan,"katanya.

Ia menyebutkan, sebanyak 25 penyelam  terlibat dalam prosesi pengibaran bendera merah putih di dasar laut perairan Lhokseumawe dengan kedalaman enam meter dibawah permukaan laut.

"Ya ada sekitar 10 orang penyelam yang bertugas di dasar laut membentangkan bendera merah putih, sementara sebagian lainnya berjumlah 15 Orang penyelam hanya sebatas snorkeling dengan membentangkan bendera sedalam tiga meter,"katanya.

Dikatakannya, upacara peringatan HUT RI ke-75 untuk tahun ini dilakukan dengan cara berbeda itu adalah yang pertama kali dilakukan di jajaran Korem 011/Lilawangsa.

"Dalam mewarnai peringatan hari kemerdekaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di daerah lain ada yang mengibarkan bendera di menara air, gunung dan lain sebagainya. Namun kita hari ini lakukan di dasar laut,"katanya lagi.

Upacara tersebut berlangsung lancar aman dan damai serta dipenuhi ratusan masyarakat yang berkunjung untuk menyaksikan momentum peringatan HUT RI ke-75 di perairan laut Lhokseumawe.

 

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020