Kodim 0103/Aceh Utara menyambut sebanyak 148 prajurit TNI yang merupakan putra daerah dari Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, dan prosesi penyambutannya di Makodim setempat, Rabu.

Pada penyambutan prajurit TNI baru yang terdiri dari 53 prajurit lulusan Bintara dan 95 prajurit lulusan Tamtama tahun 2020 tersebut dipimpin langsung Pasi Ops Kapten Arh Nasrieb, mewakili  Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto.

"Bintara dan tamtama Prajurit Karier (PK) tersebut merupakan putra Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara yang kemudian akan ditempatkan sebagai  Babinsa di Koramil jajaran Kodim 0103/Aceh Utara,"kata Kapten Arh Nasrieb.

Dikatakannya, sebelum menjadi Babinsa mereka akan diberikan pembekalan dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan tentang kemampuan teritorial dengan tujuan agar setiap personel baru memiliki kemampuan, kepekaan dan kesadaran akan perannya sebagai insan teritorial guna mewujudkan keberhasilan tugas pokok satuan.

"Penguatan personel terus dilakukan oleh Kodam Iskandar Muda dalam rangka mendukung tugas dan tanggung jawab satuan di jajaranya, termasuk satuan Kodim 0103/Aceh Utara,"katanya.

Kemudian kata Nasrieb, nantinya prajurit tersebut juga akan mengemban tugas sebagai ujung tombak satuan, terlebih di bidang teritorial. Pada jabatan itu, para bintara dan tamtama dituntut untuk terus membaur dan bisa menyatu dengan masyarakat. 

"Tidak hanya itu saja, selain dituntut untuk bisa mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, para bintara dan tamtama itu juga harus bisa mengaplikasian ilmu teritorial, hingga memegang teguh Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI,"katanya.

Sementara itu, dihari yang sama, Pasi Log Kodim 0103/ Aceh Utara Kapten Czi Hermansyah memberikan perlengkapan perorangan lapangan (Kaporlap) kepada ratusan prajurit di jajarannya.

"Kaporlap yang dibagikan kepada Prajurit ini merupakan jatah rutin yang dibagikan setiap tahunnya,"kata Kapten Czi Hermansyah

Pembagian Kaporlap ini, kata dia, sebagai wujud kepedulian dan perhatian pimpinan TNI-AD kepada seluruh Prajurit dan diharapkan dengan diterimanya Kaporlap ini, maka dapat lebih membangkitkan semangat untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tanggungjawab masing-masing.

Jenis Kaporlap yang dibagikan secara rutin tersebut terdiri dari Pakaian Dinas Harian (PDH), sepatu harian, kaos kaki PDH, baju kaos dalam PDH dan minuman berenergi (eprokal), kata Kapten Czi Hermansyah.

Pewarta: Dedi Sahputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020