Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna meminta masyarakat meningkatkan kesadaran memakai masker melalui Sosialisasi Gerakan bersama memakai masker (Gebrak Masker) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di daerah itu.

Penggunaan masker dibutuhkan agar masyarakat waspada dan tidak meremehkan pandemi Covid-19 yang masih terjadi, kata Puan  saat sosialisasi "Gebrak Masker" di  di Takengon, Selasa (15/9).

"Gebrak Masker"  yang melibatkan generasi milenial dari Genre, Fataga dan PIK Aceh Tengah  binaan Dinas KBP3A  Aceh Tengah itu berlangsung di kawasan komplek Pasar Paya Ilang,  rute Jalan Lapangan Sangamara dan di Terminal Lama Jalan HM Hasan Gayo Takengon.

"Mudah-mudahan gerakan memakai masker dengan melibatkan generasi muda sebagai rule model ini dapat menambah kesadaran khususnya para remaja kita dan bagi Masyarakat Aceh Tengah," kata Puan Ratna. 

Ia juga mengimbau masyarakat untuk lebih disiplin, tidak menganggap remeh Covid-19 ini, serta kepada Win dan Ipak Duta Masker yang telah dikukuhkan agar terus mengedukasi dan mensosialisasikan kedisiplinan penggunaan masker ini, agar kita terhindar dari penularan covid -19," ujar nya.

Ketua Tim  Penggerak PKK mengingatkan bahwa Covid-19 bisa tertular kepada siapun juga yang lalai terhadap protokol kesehatan, termasuk bagi yang tidak disiplin dalam memakai masker.

Oleh karena itu, istri Bupati Aceh Tengah ini menyampaikan, dengan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, maka akan menurunkan tingkat penularan Covid-19. 

"Covid-19 bisa tertular kepada siapa saja, jadi patuhi dan tingkatkan protokol kesehatan, lebih baik mencegah dari pada mengobati" Tegas Puan Ratna lagi.

Adapun kegiatan Gebrak Masker yang di laksanakan Oleh TP PKK Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu bukti nyata keseriusan dalam mendukung program Gerakan Bersama Memakai Masker Aceh (GEMA), yang digalakkan oleh Pemerintah Aceh.

Pembagian masker kepada masyarakat ini senbelumnya telah rutin pula dilaksanakan sejak awal Pandemi Covid-19 merebak di Kabupaten Aceh Tengah. 

Ketua TP PKK mengatakan, selain membagikan masker tersebut TP PKK  juga mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masayakat akan pentingnya penggunaan masker sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan mengingat 4 M.
1. Menjaga kebersihan. 
2. Mencuci Tangan
3. Memakai Masker
4. Menjaga jarak dan jauhi keramaian. 

Pewarta: Rilis Humas

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020