Sebanyak 877 UMKM di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mulai menerima bantuan modal usaha dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta per UMKM, untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat ditengah masa sulit pandemi seperti saat ini.

“Bantuan modal usaha ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dalam mengembangkan usaha yang selama ini dilakukan,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Diman Dasimun, Kamis.

Ada pun pelaku usaha yang mendapatkan bantuan tersebut diantaranya seperti pedagang kaki lima, pedagang makanan minuman keliling, penyandang disabilitas, industri rumahan, peternak ikan, peternak ayam, pedagang ikan, peternak ikan, serta kelompok usaha kecil masyarakat produktif lainnya.

Ia menjelaskan, untuk tahap pertama ini sebanyak 877 dari total 1.535 UMKM di Nagan Raya sudah menerima bantuan uang tunai dari pemerintah, melalui masing-masing rekening pelaku usaha.

Sedangkan pemerintah daerah hanya bertugas melakukan pengumpulan data dan pengajuan ke pemerintah pusat, dan proses verifikasi calon penerima bantuan dilakukan oleh pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh.

Dengan adanya bantuan tersebut, kata Diman Dasimun, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh berharap kepada masyarakat yang sudah menerima bantuan tersebut, agar dapat menggunakan bantuan ini sesuai dengan pengembangan usaha masing-masing.

Sehingga nantinya setiap usaha yang selama ini dilakukan, diharapkan dapat semakin berkembang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, serta dapat mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah, katanya mengungkapkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020