Bupati Nagan Raya, Aceh, HM Jamin Idham menegaskan pemerintah daerah mulai tahun 2020 ini memfokuskan penggunaan anggaran pendapatan belanja kabupaten (APBK) Perubahan tahun 2020 untuk meningkatkan ketahanan pangan, dan ekonomi masyarakat ditengah pandemi COVID-19.

“Saat ini kita mengambil langkah agar pemanfaatan APBK kali ini betul-betul mampu meningkatkan ketahanan pangan di daerah saat kondisi saat sekarang ini,” kata Bupati HM Jamin Idham di Suka Makmue, Kamis.

Ada pun sasaran ketahanan pangan tersebut, kata Jamin Idham, meliputi penguatan sektor pertanian, perikanan, perkebunan serta penguatan di bidang belanja barang dan belanja modal pemerintah daerah.

Hal ini sekaligus untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang telah mengintruksikan agar setiap pemerintah daerah mempercepat belanja APBD/APBK ditengah pandemi COVID-19.

“Tentunya dengan belanja barang, belanja modal, serta belanja bantuan sosial sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan diharapkan mampu memulihkan ekonomi di daerah,” kata HM Jamin Idham menuturkan.

Ia juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menyatakan saat ini tetap fokus menangani pandemi COVID-19 di daerah sesuai intruksi pemerintah pusat, sehingga diharapkan wabah tersebut dapat segera berakhir.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah telah menganggarkan dana sebesar Rp47 miliar di tahun 2020, setelah melakukan pengalihan (refocusing) Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK).

“Sampai saat ini jumlahnya Rp47 miliar, sejauh ini belum ada rencana penambahan anggaran,” katanya menuturkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020