Sejumlah Tuha Peut di Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara mengikuti pelatihan penguatan kapasitas dalam penyusunan qanun gampong dan peraturan tata tertib lembaga itu, berlangsung di hotel Lido Graha di Kota Lhokseumawe, Selasa.

Kegiatan yang digelar Lembaga Istitut Kybernologi Indonesia (IKI) bekerjasama dengan DPK Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Syamtalira Aron itu berlangsung Selasa dan Rabu.

Perwakilan Lembaga IKI Muksalmina di Lhokseumawe mengatakan, kegiatan itu diikuti oleh 151 peserta dari 32 gampong di kecamatan tersebut.

"Ada 32 gampong yang mengikutkan Tuha Peut-nya dari 34 jumlah gampong yang ada di Syamtalira Aron, dan masing- masing gampong mengirim pesertanya bervariasi antara 3 hingga 5 orang," kata Muksalmina di sela kegiatan tersebut.

Dijelaskan para peserta akan diedukasi oleh para pemateri andal yang telah bersertifikasi dan peserta juga mengikuti simulasi yang diadakan selama pelatihan tersebut.

Para peserta diharapkan mampu mengaplikasikan apa yang didapatkan pada pelatihan ini, semisal mengenai tugas dan wewenang Tuha Peut serta tata cara penyusunan qanun gampong dan juga peraturan tata tertib Tuha Peut itu sendiri.

Muksalmina menambahkan, pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan ini masing- masing Kasat Binmas Polres Aceh Utara AKP Teguh Yano Budi dan Kepala Bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong Setdakab Aceh Utara, Mansur SH serta dari LPPM Aceh Saiful Isky M.Si.

Kegiatan yang diadakan tersebut tetap mengedepankan atau mematahui protokol kesehatan guna menangkal penyebaran wabah pandemi COVID-19.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020