Pengurus Provinsi Persatuan Squash Indonesia (Pengprov PSI) Aceh menjajaki cabang olahraga tersebut masuk dalam kurikulum pendidikan sekolah di provinsi itu.

Ketua Pengprov PSI Aceh Husaini di Banda Aceh, Kamis, mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan agar olahraga skuas bisa diajarkan kepada peserta didik di sekolah.

"Tujuan kami agar skuas masuk kurikulum untuk mencari bibit atlet serta mengembang olahraga skuas di Aceh. Skuas merupakan olahraga lama, tetapi baru di Aceh," kata Husaini.

Selain di sekolah, kata Husaini, Pengprov PSI Aceh juga menggandeng perguruan tinggi di Aceh agar olahraga skuas masuk dalam mata kuliah.

Perguruan tinggi yang digandeng tersebut yakni Universitas Syiah Kuala dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsampena, Banda Aceh.

"Olahraga skuas menjadi mata kuliah pilihan di dua perguruan tinggi tersebut. Kami berharap lahir atlet skuas andal yang mewakili Aceh, termasuk PON Aceh-Sumut 2024," kata Husaini.

Husaini mengatakan selain pengembangan skuas, Pengprov PSI Aceh juga menjajaki lapangan tenis dinding tersebut. Tanpa adanya lapangan, tentu skuas sulit berkembang.

"Banyak pengembangan lainnya yang terus kami lakukan. Termasuk pembentukan pengurus kabupaten kota. Saat ini, sudah terbentuk 14 kepengurusan skuas dari 23 kabupaten kota di Provinsi Aceh," kata Husaini.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020