Pewarta : Kurnia Muhadi 

Takengon (ANTARA) - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan perlunya dilakukan langkah regenerasi atau pengkaderan ulama di daerah itu.

Shabela menuturkan peran ulama sangatlah penting dan selalu dibutuhkan sebagai sumber ilmu, pembimbing, dan pemersatu umat, sementara saat ini jumlahnya semakin sedikit.

"Hampir semua urusan melibatkan ulama. Begitu juga dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat," kata Shabela Abubakar saat membuka Musda ke III MPU Kabupaten Aceh Tengah di Gedung Ummi Pendopo setempat, Kamis.

"Yang patut menjadi perhatian bersama yakni pertambahan permasalahan umat tersebut tidak diimbangi dengan pertambahan jumlah ulama, baik kualitas maupun kuantitasnya," tambahnya.

Shabela mengatakan hal itu perlu menjadi perhatian semua pihak saat ini dan harus ada tindaklanjut nyata untuk memecahkan persoalan.

Menurutnya salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuhkan lebih banyak lagi pendidikan dayah di daerah itu, sehingga dapat terus melahirkan ulama-ulama baru yang diharapakan.

"Kita membutuhkan generasi-generasi yang akan melanjutkan perjuangan ulama yang saat ini sudah uzur maupun wafat," tutur Shabela.

Menanggapi kondisi saat ini, Shabela juga turut mengajak para ulama berperan serta dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Kami berharap ulama dan tengku guru sebagai panutan dapat mengajak masyarakat untuk disiplin, sadar, dan patuh anjuran pemerintah, agar semua terhindar dari penyebaran COVID-19. Sampaikan melalui mimbar khutbah maupun di majelis ilmu," harap Shabela.

Sementara Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah pada hari ini menggelar Musda Ke III guna membentuk kepengurusan baru untuk periode lima tahun ke depan.

Bupati Shabela berharap agar ajang Musda tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana silaturrahmi dan berdiskusi antar ulama untuk membahas persoalan-persoalan umat di daerah saat ini.

"Kami juga berharap nantinya dapat terpilih perwakilan ulama yang menjadi mitra pemerintah. Dan yang paling penting mampu menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat," kata Shabela Abubakar.

 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020