Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe Ismail A Manaf mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19.

Hal tersebut disampaikannya mengingat saat ini status kewaspadaan penyebaran COVID-19 di Kota Lhokseumawe ditetapkan sebagai zona merah.

"Kita mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu menjaga diri dan lingkungannya dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan,"kata Ismail A Manaf di Lhokseumawe, Jum'at (16/10).

Dikatakannya, kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan merupakan salah satu upaya dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di Kota Lhokseumawe.

"Satgas percepatan penanganan COVID-19 Kota Lhokseumawe sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Namun peran dari masyarakat sangatlah penting, karena jika kepatuhan masyarakat minim, maka butuh waktu lama untuk mengubah status zona merah,"katanya.

Ia menambahkan, satgas percepatan penanganan COVID-19 Kota Lhokseumawe juga menggencarkan edukasi protokol kesehatan dalam menyikapi status zona merah, yakni seperti mengenakan masker saat keluar rumah, rutin cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Status zona merah di Kota Lhokseumawe ini sepatutnya menjadi perhatian bersama, meskipun tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol COVID-19 terus membaik, namun tingkat kedisiplinan juga harus ditingkatkan,"kata Politisi Partai Aceh itu.

Menurutnya, ada beberapa langkah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, salah satunya operasi yustisi yang selama ini sangat gencar dilakukan tim gugus tugas.

"Kuncinya masyarakat, bagaimana secara sadar menerapkan protokol kesehatan untuk menurunkan angka kasus COVID-19, dengan begitu Kota Lhokseumawe tidak lagi menyandang status zona merah,"katanya.

Ia mengharapkan agar status zona merah di Kota Lhokseumawe tidak bertahan lama dan harapan itu akan terwujud jika seluruh elemen masyarakat mau bekerjasama dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Mari kita semua bersatu dan bersemangat untuk melawan pandemi COVID-19,"kata Ismail A Manaf.

Pewarta: Dedy Syahputra

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020